Popular Posts

Berita Terbaru

Minggu, 25 Juli 2010

Permintaan Kartu Kuning Naik 75 Persen

Permintaan kartu kuning oleh masyarakat yang akan mencari pekerjaan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, meningkat 75 persen dibandingkan beberapa waktu yang lalu.

"Peningkatan jumlah pencari kartu kuning ini terjadi sejak tiga bulan terakhir ini," kata Kepala Disnakertransos Kabupaten Blora Waluyo melalui Kasi Penempatan Tenaga Kerja Suwarto di Blora, Sabtu.

Ia menyebutkan, kalau sebelumnya rata-rata hanya 2.000-3.500 orang per bulan kini meningkat menjadi 5.000 hingga 6.500 orang. Sejak April 2010, jumlah pencari kartu kuning tercatat sudah mencapai 30 ribu orang lebih.

"Akhir-akhir ini jumlah pencari kartu kuning terus meningkat, rata -rata setip hari antara 100-200 orang. Sedangkan menurut catatan kami, sampai dengan akhir Juni 2010 sebanyak 30.407 orang," katanya.

Dia mengatakan, jumlah tersebut, terbagi atas lulusan SD dan sederajat sebanyak 228 orang, SLTP dan SLTA 13.260 orang dan lulusan D-1 sampai dengan S-1 sebanyak 16.919 orang.

Ketika ditanya soal lowongan pekerjaan, dia mengatakan, Disnakertransos memiliki tiga unit "video teleconference" (VTC), yang dapat digunakan untuk mengakses sejumlah lowongan kerja.

"Kami menyarankan, para pencari kerja datang ke Disnakertransos. Silakan mengakses sendiri bursa kerja online melalui perangkat yang ada di kantor kami itu," katanya.

Dia mengatakan, alat bantuan dari pemerintah pusat itu, dapat dugunakan para pencari kerja dan tidak dibungut biaya sepeserpun alias gratis.

"Tinggal datang saja ke Disnakertransos kompleks GOR Mustika," katanya.

Bursa kerja online, kata dia, adalah bursa kerja yang memanfaatkan teknologi informasi dalam mempertemukan atau memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan pemberi kerja atau pengguna tenaga kerja (pengusaha), dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui website, http//www.infokerja.web.id.

"Di sana banyak sekali lowongan kerja, baik di Jawa maupun luar Jawa, bahkan juga luar negeri," katanya.


SUMBER : ANTARA

0 comments:

Poskan Komentar

Berita Online

Portal Blora @2010. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2009 | Nurse | supported by XXX