Popular Posts

Berita Terbaru

Minggu, 18 Juli 2010

DPRD: Penyerapan APBD Blora 2010 Masih Rendah

BLORA - Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menilai penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat hingga semester pertama 2010 masih rendah atau belum mencapai setengah dari total nilai anggaran itu.

"Kami prihatin karena rendahnya penyerapan APBD 2010, kalau ini terus terjadi dikhawatirkan hingga akhir tahun akan banyak kegiatan pembangunan yang tidak terlaksana," kata anggota Badan Anggaran DPRD Kabupaten Blora, Seno Margo Utomo, di Blora, Sabtu.

Ia menyatakan perlunya suatu terobosan oleh pihak eksekutif agar penyerapan anggaran menjadi lebih baik dengan cara melaksanakan berbagai program pembangunan sesuai rencana pada 2010.

Pihaknya telah berusaha secara maksimal agar penetapan APBD 2010 lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Upaya tersebut, katanya, harus diimbangi dengan keseriusan dan kerja keras seluruh satuan kerja perangkat daerah pemkab setempat.

"Program pembangunan yang sudah direncanakan harus segera dilaksanakan," katanya.

Ia menduga perencanaan program yang kurang matang mengakibatkan rendahnya penyerapan anggaran.

"Rendahnya penyerapan ini terjadi karena perencanaan program di SKPD kurang matang, kalau pelaksanaanya bagus, kegiatannya tinggal dilakukan saja," katanya.

Seno yang juga politikus berasal dari Partai Keadilan Sejahtera itu mengemukakan, jika terlalu banyak anggaran tidak terserap akan menimbulkan sisa lebih penghitungan anggaran (silpa).

"Hal itu jumlahnya sangat banyak. Silpa itu bukan ideal karena tidak berasal dari efisiensi dana setiap kegiatan tapi karena kegiatan yang sama sekali tidak dilaksanakan," katanya.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemkab Blora, Komang Gde Irawadi, mengatakan penyerapan anggaran hingga 9 Juli 2010 telah mencapai 38,85 persen.

Ia menyatakan dana yang terserap dari APBD hingga akhir tahun akan lebih banyak lagi dengan terlaksananya berbagai program pembangunan oleh setiap SKPD.

SUMBER : ANTARA

0 comments:

Poskan Komentar

Berita Online

Portal Blora @2010. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2009 | Nurse | supported by XXX