Popular Posts

Berita Terbaru

Minggu, 18 Juli 2010

Kerajinan Genting Blora Serap Ratusan Tenaga Kerja

Kerajinan genting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, secara turun temurun mampu menyerap tenaga kerja hingga ratusan orang terutama pada musim kemarau. Demikian dikatakan seorang pengrajin genting di Dusun Wuni, Desa Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Sukini, di Blora, Sabtu.

Meskipun kerajinan genting setempat tidak berskala relatif besar, namun usaha itu dapat menyerap tenaga kerja bukan saja dari desa setempat tetapi juga luar desa itu. Dan didapat informasi sekitar 200 kepala keluarga di desa itu bekerja sebagai pengrajin genting secara turun temurun.

Setidaknya hingga kini, katanya, dusun itu memiliki sekitar 30 tempat pembuatan genting.

"Setiap unit usaha genting membutuhkan sedikitnya lima tenaga kerja," katanya.

Dirinya menjelaskan, para pekerja terbagi menjadi tenaga pembuat genting, bagian menata, menjemur, dan membakar.

"Umumnya para tenaga kerja itu kalangan sanak saudara atau kalau kenalan adalah mereka yang berasal dari luar desa," kata Sukini yang pengrajin genting sejak 1980-an itu.

Sukini menjelaskan, setiap tenaga kerja menerima upah antara Rp50 ribu hingga Rp75 ribu untuk setiap pembuatan seribu genting.

Seorang pengrajin genting setempat lainnya, Yatmo (50), mengatakan, pesanan genting relatif lebih ramai pada musim kemarau dibandingkan dengan musim hujan.

Warga setempat, katanya, selain bekerja sebagai pembuat genting juga bertani.

Jika pesanan genting relatif sepi terutama selama musim hujan, katanya, warga memusatkan perhatian untuk mengolah lahan pertanian.

Dikatakan Yatmo, usaha genting setidaknya dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

"Pendapatan itu masih harus dikurangi dengan upah tenaga kerja dan pembelian bahan baku berupa tanah liat. Tetapi secara umum penghasilannya lumayan untuk mencukupi kebutuhan. Kalau tidak cukup tentu tidak bisa kerajinan ini berlangsung turun temurun," katanya.

SUMBER : SIGAP

0 comments:

Poskan Komentar

Berita Online

Portal Blora @2010. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2009 | Nurse | supported by XXX