Popular Posts

Berita Terbaru

Minggu, 18 Juli 2010

Bayi lahir dengan paha patah

BLORA - Kecelakaan tidak hanya terjadi di jalan raya. Di rumah sakit (RS) juga bisa terjadi kecelakaan. Kali ini dialami wanita dari keluarga miskin (gakin), Sulismi, saat tim medis melakukan operasi sesar dengan hasil si jabang bayi mengalami patah kaki kanannya. Kejadian kecelakaan saat operasi sesar itu, menurut keterangan sumber Wawasan, terjadi di RS Cepu, Blora.

Beredar rumor santer, kaki kanan bayi laki-laki anak Sulismi, warga Desa Biting, Kecamatan Sambong, Blora, patah paha kanannya karena malpraktik. Informasi itu cepat beredar. Namun jabang bayi yang lahir dengan susah payah tersebut, sudah langsung dilarikan ke RS Muwardi, Surakarta. Di RS itu, bayi yang belum sempat diberi nama mendapat perawatan serius, bahkan dijamin tulang kaki kanan yang patah bisa sembuh.

”Tidak ada malpraktik, itu kecelakaan saat tim medis melakukan operasi cesar. Kondisi bayi cukup sehat dan sudah dirawat dengan baik di RS Muwardi Surakarta,” jelas Kepala Badan Rumah Sakit Umum Cepu, dr Gunawan DJ, Kamis (15/7). Dijelaskan, Rabu malam (14/7), Sulismi yang hamil tua masuk perawatan RS Cepu.

Dia datang dalam kondisi ketuban sudah pecah dan mengering. Jadi sangat berbahaya bila kondisi ibu seperti itu dipaksa melahirkan secara normal. Tim medis akhirnya mengambil kesepakatan untuk dilakukan operasi sesar. Langkah ini diambil, selain untuk keselamatan ibu (Sulismi), juga untuk keselamatan si jabang bayi. Dalam operasi itu, dikehatui kondisi fisik bayi cukup besar dengan berat 3,650 kg, dan bayi dalam posisi sulit.

Tim medis bekerja keras untuk melakukan operasi sesar tersebut. Sulitnya posisi bayi, memaksa dokter harus sangat hati-hati dalam menjalankan tugasnya. Bayi laki-laki itu, akhirnya berhasil dikeluarkan. Namun akibat permasalahan posisi yang sulit tersebut, mengakibatkan tulang paha bayi patah. ”Informasi terakhir dari RS Surakarta, bayi dalam keadaan sehat, untuk patah tulang paha, akan bisa segera disembuhkan,” tandas Gunawan.


SUMBER:WAWASAN

0 comments:

Poskan Komentar

Berita Online

Portal Blora @2010. Diberdayakan oleh Blogger.
Copyright 2009 | Nurse | supported by XXX