Popular Posts

Berita Terbaru

Kamis, 21 Oktober 2010

Polisi Tes Kejiwaan Tersangka Pembunuh Ibu Kandung

BLORA--Polisi Resor Blora, Jawa Tengah, Rabu, melakukan tes kejiwaan terhadap Nk, tersangka pembunuh ibu kandung di Desa Tanggel, Kecamatan Randublatung, untuk mengetahui tingkat gangguan jiwa pelaku. Kepala Polisi Resor Blora, AKBP Nurcholis, di Blora, Rabu, mengatakan, pemeriksaan dilakukan sebelum tersangka menjalani pemeriksaan hukum selanjutnya.

Hingga saat ini pelaku masih diperiksa oleh ahli jiwa dari Semarang "Hasilnya sampai sekarang masih kami tunggu," katanya. Menurut dia, jika dari hasil pemeriksaan dinyatakan positif mengalami gangguan jiwa atau gila, kasusnya batal demi hukum, kemudian penyidik mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3) atas kasus tersebut.

"Penyidik mengambil alternatif mendatangkan ahli jiwa karena mendapat informasi dari sejumlah saksi bahwa kejiwaan pelaku terganggu dan sering kambuh sehingga gugur demi hukum jika yang bersangkutan menderita gangguan jiwa," katanya.

Dia menjelaskan, Nk (34) telah membunuh ibu kandungnya pada Jumat (8/10) bernama Siti Sayah (51) dan melukai Marni (35) kakak kandungnya, Ahmad Rifai (3) keponakan, dan Dapar (31) tetangganya. "Pelaku membunuh ibu kandungnya dengan menggunakan kayu yang dipukulkan ke tubuh berkali-kali, demikian juga yang dilakukan kepada tiga orang lainnya yang bermaksud memberikan pertolongan," katanya.

Kejadian yang menggemparkan warga setempat, kata dia, berawal dari keikutsertaan pelaku ke sawah, dengan maksud akan membantu mencabuti rumput. Namun yang dilakukan justru mencabuti tanaman cabai yang ditanam di sekitar sawah keluarganya, sehingga ditegur oleh Siti Sayah. "Pelaku tidak minta maaf atas kesalahannya, malah cekcok dengan ibunya hingga sampai di rumah mengamuk, lantas mengambil sebatang kayu dan menghajar ibu kandungnya hingga terkapar di ruang tamu. Keluarga dan tetangganya yang bermaksud melerai menjadi sasaran emosi pelaku," katanya.

Sampai saat ini, kata dia, pelaku ditetapkan sebagai tersangka dan mendekam di sel tahanan Mapolres Blora, serta masih menjalani pemeriksaan kejiwaan karena kondisinya masih labil.

0 comments:

Poskan Komentar

Berita Online

Copyright 2009 | Nurse | supported by XXX