Popular Posts

Berita Terbaru

Rabu, 18 Agustus 2010

11 Warga Blora Positif HIV/AIDS

BLORA - Warga di Blora yang mengidap HIV/AIDS tahun ini 11 orang. Hal itu diketahui setelah Dinas Kesehatan (Dinkes) menerima data hasil uji laboratorium dari 165 sampel darah dalam kegiatan sero survey. Sampel darah dari pekerja seks komersial (PSK) dan warga binaan (narapidana) itu diperiksa laboratorium di Semarang selama satu bulan lebih.

''Hasil uji laboratorium sudah kami terima. Hasilnya, 11 sampel darah dinyatakan positif HIV/AIDS,'' ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Lilik Hernanto, kemarin.

Lilik yang didampingi Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Edi Widayat mengemukakan, terdapat fakta baru dari hasil sero survey yang dilaksanakan Juni tersebut. Yakni pengidap HIV/AIDS kali ini tidak hanya PSK, tetapi juga warga binaan di rumah tahanan.

Lilik menyebut penderita HIV/AIDS yang merupakan warga binaan rutan sebanyak empat orang, sedangkan dari kalangan PSK tujuh orang. ''Kami juga agak terkejut. Sebab pada tahun-tahun sebelumnya tidak ditemukan penderita HIV/AIDS yang berstatus warga binaan rutan,'' paparnya.
Tanpa Nama Dia menyebutkan sero survey itu dilaksanakan setiap tahun. Menurutnya, survei ini tidak untuk mengetahui siapa yang terkena penyakit (identitas penderita tidak diketahui/unlinked unonimous) tetapi guna mengetahui jumlah dan penyebaran penyakit HIV/AIDS di satu daerah.

''Jadi tidak diketahui siapa saja warga yang mengidap HIV/AIDS tersebut. Bukannya kami merahasiakannya, melainkan karena memang pada sero survey identitas penderitanya tidak diketahui,'' tandasnya.

Tahun ini, 165 sampel darah yang diperiksa terdiri atas 64 dari warga binaan rutan serta 101 dari PSK di Kampung Baru Jepon, Sumber Arum Cepu, dan Nglebok Cepu.

Lilik menegaskan, temuan 11 warga mengidap HIV/AIDS bukan berarti muncul 11 penderita baru. Menurutnya, bisa jadi di antara 11 orang itu beberapa tahun lalu sudah mengidap HIV/AIDS dan tahun ini sampel darahnya diambil lagi dalam sero survey.

Selain HIV/AIDS, dari hasil pemeriksaan sampel darah itu diketahui pula jenis penyakit menular seksual yang diidap dua kelompok tersebut. Yakni dua orang dinyatakan menderita sifilis.

Sumber : Jawa Pos

0 comments:

Poskan Komentar

Berita Online

Copyright 2009 | Nurse | supported by XXX